Senin, 29 Desember 2014

Google Sempat Berniat Sematkan Fingerprint di Nexus 6

Sebagai perusahaan yang terdepan dalam hal teknologi, Google kerap menyematkan fitur-fitur terkini pada produk khusus yang dikembangkannya, termasuk smartphone seri Nexus bertenaga Android.

Dan baru-baru ini terungkap bahwa perusahaan mesin pencarian online terbesar di dunia itu sempat berniat memasangkan beberapa fitur pada smartphone terbaru kembangannya yaitu Nexus 6. Di antaranya ialah fitur fingerprint scanner seperti yang sudah dipasangkan di beberapa smartphone yang ada di pasaran.

Mengutip Phone Arena, rencana itu terungkap lewat Android Open Source Project (AOSP) yang sempat mencantumkan 'shamu: remove fingerprint support' dalam daftar fitur yang akan dibenamkan di Nexus 6.

Tulisan itu menunjukkan bahwa ada prototipe Nexus 6 yang sempat menggunakan sensor fingerprint. Fitur pemindai sidik jari yang disematkan pada Nexus 6 itu adalah buatan Sensor Inc., sebuah perusahaan yang telah diakuisisi oleh Synaptics tahun lalu.

Fitur pemindai sidik jari belakangan ini memang banyak disematkan pada perangkat smartphone kelas atas. Sayangnya, fitur yang sempat dipakaikan pada prototipe Nexus itu tidak berlanjut hingga ke tahap produksi.

Hal yang menarik ialah, meskipun Nexus 6 tidak menyediakan fitur pemindai sidik jari ketika hadir di pasaran, Google dilaporkan tetap menjalankan proyek pengembangan fingerprint API resmi untuk perangkat berbasis sistem operasi Android buatannya.

Mungkinkah Nexus berikutnya akan kebagian fitur fingerprint? Kita tunggu saja.

(den/dew)

Artikel Terkait

Google Sempat Berniat Sematkan Fingerprint di Nexus 6
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email