Sabtu, 13 September 2014

Cara mengkalibrasi baterai pada perangkat Android Anda




Masalah baterai adalah salah satu kekhawatiran terbesar bagi pengguna smartphone itulah sebabnya kami menawarkan banyak tips berguna dan trik untuk memecahkan masalah menguras baterai. Jika Anda melihat bahwa performa baterai dan durasi mengalami penurunan, bisa waktu untuk mempertimbangkan kalibrasi itu. Hari ini kita akan menjelaskan secara rinci apa kalibrasi baterai Android Anda benar-benar tidak dan bagaimana melakukannya!
galaxy s4 Mini 20
© AndroidPIT
Pertama-tama, jika Anda memiliki masalah dengan kinerja baterai Anda, Anda dapat berkonsultasi kami 16 tips dan trik untuk memperpanjang masa pakai baterai pada smartphone Android Anda . Jika Anda melihat bahwa kinerja terus menurun, maka saatnya untuk mencoba untuk mengkalibrasi baterai. Salah satu tanda yang paling jelas bahwa sudah waktunya adalah ketika saluran baterai ponsel Anda cepat atau perangkat tidak akan dikenakan biaya.
Pengguna yang mengalami masalah tersebut mungkin berpikir baterai atau perangkat rusak. Ini mungkin menjadi penyebabnya, tetapi sebelum melakukan sesuatu yang drastis, kami sangat menyarankan mencoba untuk mengkalibrasi baterai dengan benar.

Apa artinya untuk mengkalibrasi smartphone?

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Baterai Statistik yang menunjukkan kapasitas baterai, ketika penuh atau kosong. Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang menjadi rusak dan mulai menampilkan data yang tidak nyata, yang menyebabkan telepon untuk mematikan sebelum mencapai 0%. Proses kalibrasi baterai akan memperbaiki informasi tersebut.

Cara mengkalibrasi baterai perangkat Android tanpa akses root

Metode 1
Pertama, Anda harus memeriksa kapasitas baterai Anda, yang dapat Anda lihat pada baterai atau dengan mencari spesifikasinya di internet. Periksa bagian hardware untuk perangkat Anda.
Instal aplikasi bernama Current Widget: Baterai Memantau dari Google Play Store.
Aplikasi ini akan menunjukkan daya baterai dalam milliamps (mAh). Mengisi smartphone Anda selama waktu yang diperlukan sampai Anda mencapai jumlah total milliampere diindikasikan untuk baterai spesifik Anda.
Ketika jumlah yang diperlukan tercapai, matikan telepon dan restart. Baterai sekarang akan dikenakan biaya 100% dan secara teori seharusnya tidak menimbulkan masalah lagi.
Metode 2
Mengisi penuh baterai dengan telepon dan bila telepon sudah terisi penuh, cabut charger dan mematikannya.
Bila telepon Anda tidak aktif, hubungkan ke pengisi daya dan biarkan baterai diisi sampai 100% lagi. Lampu LED hijau akan menunjukkan bila hal ini dilakukan.
Selanjutnya cabut charger, menghidupkan telepon dan menetapkan pilihan sehingga layar Anda tidak mematikan, jika Anda memiliki opsi ini. Kemudian menyambung kembali ke pengisi daya dan menunggu untuk itu untuk mengisi lagi untuk 100%.
Setelah dimuat sampai 100%, cabut charger lagi dan tidak memuat sampai smartphone mati sendiri setelah mencapai tingkat daya baterai 0%. Setelah off, mengisi penuh lagi dan harus bekerja dengan baik. Pengaturan layar dapat menempatkan kembali normal lagi (berarti mati setelah beberapa waktu tertentu).

Cara mengkalibrasi baterai perangkat Android dengan akses root

Metode 1
Pertama, instal aplikasi Kalibrasi baterai:
Untuk memulai, menghubungkan perangkat Anda untuk mengisi sampai baterai mencapai 100%.
Kemudian buka aplikasi Kalibrasi baterai dan memeriksa jumlah 'mV' yang sebelah persentase, nomor yang akan terus meningkat. Jika nomor terus tumbuh bahkan jika baterai sudah 100%, terus mengisi baterai telepon.
Ketika angka berhenti naik dan baterai terisi 100%, tekan tombol Kalibrasi baterai dan kemudian restart perangkat. Tingkat saat ini akan dicatat sebagai titik kapasitas maksimum dan informasi lama dihapus dalam Statistik Baterai ketika yang baru dengan data yang benar dibuat.
Jika metode ini tidak berhasil, coba metode 2.
Metode 2
Masuk ke recovery mode pada Android Anda dan arahkan ke bagian Advanced di mana Anda akan menemukan "menghapus statistik baterai" pilihan. Ini akan menghapus semua kalibrasi sebelumnya dibuat baik oleh pengguna atau ketika memiliki diinstal ROM.
Kedua, Anda harus sepenuhnya menguras baterai dan kemudian menghubungkan ponsel ke pengisi daya. Hal ini harus dilakukan tanpa gangguan dan dengan perangkat off.
Ketika beban mencapai 100%, hidupkan lagi tanpa memutuskan hubungan dari charger dan buka aplikasi Battery Calibration. Klik pada tombol tengah, yang akan meminta izin SuperUser untuk pop up yang Anda harus menerima. Tak lama setelah pesan yang mengatakan kalibrasi 'berhasil "akan muncul. Tekan OK, cabut perangkat dari charger dan menutup aplikasi.
Itu saja. Apakah Anda mencoba salah satu metode ini? Apakah Anda tahu cara alternatif untuk memperbaiki masalah baterai?

Artikel Terkait

Cara mengkalibrasi baterai pada perangkat Android Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email